• Cara Buat Fermentasi Pakan Ayam Dari Sayuran

    Cara Buat Fermentasi Pakan Ayam Dari Sayuran

    Ingin buat fermentasi pakan ayam dari sayuran? Jika iya kini sangat mudah, karena di artikel ini kami akan kami berikan lengkap tutorialnya.

    Namun sebelum melakukan pembuatan pakan ayam, kalian ketahui dulu fungsi dari pakan fermentasi yang memberikan manfaat untuk menambah nutrisi hewan ternak. Dengan pakan berkualitas, kalian akan mendapat ayam juga yang berkualitas. So, bila bingung cara buatnya, mari check it out.

    Baca Juga: Pakan Fermentasi Buat Ayam Ternak / Aduan Paling Hemat

    1. Persiapan Bahan

    Bahan-bahan yang akan dipergunakan untuk fermentasi sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu agar pada prosesnya bisa berjalan cepat dan mudah. Ini adalah bahan yang perlu Anda persiapkan.

    A. Sayur Sayuran

    Anda bisa menggunakan sayuran segar yang masih baru atau sisa sayuran yang dibuang. Sisa sayuran bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional karena umumnya dibuang karena kondisinya yang tidak layak jual.

    Kumpulkan sisa sayuran ini dalam wadah besar dan potong atau cacah menjadi ukuran yang lebih kecil. Untuk jenis sayurannya, Anda bisa menggunakan kangkung, bayam, selada, kubis, timun atau jenis sayuran lainnya.

    B. Nasi Aking

    Nasi aking adalah nasi sisa yang tidak termakan dan dibersihkan kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga mengering. Biasanya, nasi aking disebut juga dengan nasi karak.

    C. Jagung Giling
    D. Bekatul
    E. Konsentrat
    F. Ampas Tahu
    G. Suplemen Organik Cair
    H. Air Secukupnya

    2. Mencampur Bahan

    Setelah semua bahan dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mencampur bahan. Ketujuh bahan dicampur hingga merata kemudian ditambahkan air. Proses pengadukan sebaiknya dilakukan secara perlahan supaya pencampuran benar-benar merata. Hal ini akan menyempurnakan proses fermentasinya.

    3. Simpan untuk Proses Fermentasi

    Cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran selanjutnya adalah mempersiapkan wadah besar untuk tempat penyimpanannya. Setelah semua bahan tercampur rata, pindahkan campuran tersebut ke wadah yang besar. Wadah ini harus memiliki tutup karena proses fermentasi baru bisa berjalan jika tidak ada udara yang masuk. Pastikan wadah benar-benar tertutup rapat dan tidak ada celah.

    4. Pemakaian Pakan Fermentasi

    Proses ini memakan waktu kurang lebih 3 hari supaya terfermentasi dengan sempurna. Setelah itu, pakan siap disajikan untuk ternak ayam Anda. Jika Anda ingin menyimpan pakan fermentasi lebih lama, gilinglah terlebih dahulu kemudian dikeringkan. Simpan dalam wadah tertutup supaya pakan ini lebih awet dan bertahan lama.

    5. Manfaat Pakan Fermentasi Sayuran

    Setelah mengetahui cara membuat pakan fermentasi, Anda juga harus memahami apa saja manfaat pakan fermentasi dan keuntungannya. Berikut ini manfaat pakan fermentasi, yaitu :

    Meningkatkan angka nutrisi pada pakan dari nilai sebelumnya. Sayuran yang difermentasi jauh lebih bagus nilai nutrisinya dibandingkan dengan sayuran segar.

    Menghemat pengeluaran biaya pengadaan pakan ternak karena harga sayuran lebih murah dibandingkan harga pellet.

    Baca Juga: Cara Buat Racikan Pakan Ayam Bangkok Protein Tinggi & Hemat

    Dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tidak khawatir terjadi pembusukan.
    Pakan fermentasi merupakan pakan yang bernilai ekonomis namun mampu memberikan nilai nutrisi yang lebih tinggi. Dengan memberikan pakan fermentasi, ternak Anda akan jauh lebih sehat dan berkualitas. Oleh sebab itu, mempelajari cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran adalah hal yang positif, apalagi jika Anda praktekkan


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: