• Mengenal Ayam Bangkok Petarung Sadis Beserta Perawatan

    Ayam Bangkok Petarung Sadis - Dalam dunia sabung ayam, baik itu offline maupun online sudah ada banyak sekali jenis ayam bangkok aduan yang saling beradu. Menariknya setiap ayam bagngkok yang hadir selalu memiliki kemampuan unik dan khusus tersendiri dalam melancarkan serangan idn poker. Tekniknya inilah yang menjadi modal utama dalam menentukan kualitas dalam seekor ayam.

    Dan banyak jenis Tarung yang dimiliki, kehadiran pemburu ayam di Bangkok dengan teknik kematian di tempat yang paling disukai. Di mana teknik tempur ini sering memadamkan ayam lawan dengan tembakan.

    Baca Juga: Ciri Ciri Dari Ayam Bangkok Blorok Madu Tembus

    Bahkan tidak aneh bahwa ini hanya memberikan trauma yang berat bagi pemiliknya sendiri. Secara umum, penampilan kejadian ayam Bangkok di tempat itu sendiri disebabkan oleh ayam yang berkurang dalam kondisi yang belum siap. Dengan gaya monoton dan mudah dibaca, itu membuat ini kesempatan diserang. Jadi tidak jarang, serangan membuat ayam menjadi keok bahkan sampai mati. Oleh karena itu, larangan membandingkan keluhan yang tidak ada daftar yang sering diabaikan oleh serangkaian Botoh lama.

    Tips Merawat Ayam Bangkok Sadis Pukul Mati Lawan

    1. Pemilihan Indukan Ayam Aduan

    Pastikan agar hanya memilih jenis indukan yang berasal dari keturunan jawara. Dimana untuk pacek harus memiliki gelar jawara di arena dan untuk betina harus yang sehat dan tidak pernah terserang penyakit bahkan ketika baru menetas.

    Dimana hal ini bertujuan agar anakan yang dihasilkan dapat menuruni gen jawara dari sang pejantan serta mendapatkan pertahanan tubuh yang baik seperti sang babon.

    2. Pemberian Latihan Yang Tepat

    Untuk menjadikan ayam aduan memiliki kemampuan pukul mati ditempat, para bobotoh tentu wajib memberikan sejumlah latihan. Baiknya latihan yang diberikan dilakukan sejak usia muda. Baik itu latihan mental maupun fisik hingga kemampuannya sudah terlatih sejak masih muda. Meski demikian dalam pemberian latihannya ada baiknya tidak dilakukan cukup lama dan tentu sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

    Memasuki usia dewasa, latihan yang diberikan dapat ditingkatkan. Para bobotoh juga dapat memberi barbel khusus dalam pelatihannya. Dimana cara ini dapat meningkatkan gerakan serta kekuatan pukulan yang lebih keras dan cepat.

    3. Pemberian Perawatan Yang Rutin

    Dan terakhir yang dapat dilakukan dalam melatih sang agar sang ayam memiliki kemampuan pukul ditempat adalah pemberian perawatan yang tepat. Perawatan yang diberikan juga tidak dapat sembarang melainkan harus khusus sehingga stamina serta kualitas sang ayam tidak menurun.

    Baca Juga: Ciri Ciri Dari Ayam Bangkok Blorok Madu Tembus

    Itulah tadi cara mengenal ayam bangkok sadis pukul mati lawan di tempat. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan bettor dalam sabung ayam online.


    your comment
  • Jenis-Jenis Voer Beserta Kegunaanya Untuk Pakan Ayam Aduan Sesuai Umur

    Ayam bangkok merupakan salah satu perliharaan yang banyak sekali dipelihara di Indonesia, dimana ayam ini biasanya dipelihara sebagai ayam hias ataupun sebagai ayam petarung.

    Memelihara ayam aduan sendiri juga tidak sulit, karena kita hanya harus lebih rajin untuk menjaga kebersihan kandang, dan juga menjaga pakan ayam. Untuk itu ada beberapa jenis pakan ayam yang bisa kita berikan, salah satu pakan ayam yang paling banyak digunakan yaitu voer ayam.

    Voer ayam sendiri juga terdiri dari banyak jenis, dan disesuaikan dengan jenis ayam dan usia ayam. Voer ayam memiliki kode-kode tersendiri. Kode dalam voer ayam ini bukan tanpa arti, melainkan kode yang menandakan kegunaan dan kandungan voer tersebut. Berikut ini beberapa kode voer ayam beserta manfaatnya.

    Voer 511 untuk ayam DOC – 1 bulan, makanan starter bagi anak ayam.

    Voer 591 untuk ayam usia 0-2 bulan, bentuknya halus sebagai starter pakan bagi ayam kecil DOC, pitik.

    Voer 592 untuk ayam 2-4 bulan, bentuknya butiran kasar.

    Voer 593 untuk ayam usia 4-6 bulan

    Voer 594 untuk ayam dewasa 6-8 bulan dan seterusnya. Biasanya voer ini untuk ayam bangkok, ayam jago, atau aduan. Kandungan lemaknya rendah.

    Voer 512 untuk ayam pedaging, fungsinya mempercepat pertumbuhan dan agar ayam cepat besar.

    Voer 551, disebut juga voer babi. Dibuat untuk pakan babi. Tapi karena kandungan bahan dasarnya mirip, bisa juga diberikan untuk ayam.

    Fungsinya sama seperti 512, tapi mengandung protein dan lemak yg lebih tinggi. Cocok untuk membuat ayam gemuk, biasanya untuk ayam jago voer ini kurang disarankan.

    Konsentrat, biasanya ini adalah pakan untuk ayam petelur dengan kandungan protein yang tinggi.

    Dengan adanya berbagai macam voer ayam yang tersedia kita bisa memberikan voer sesuai dengan tahap usianya, agar tumbuh kembang ayam kita bisa lebih maksimal.

    Semoga dengan jenis-jenis voer yang sudah tersedia bisa memberikan kalian manfaat. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya tentang informasi mengenai ayam aduan terbaru.


    your comment
  • 10 Jenis Ayam Petarung Terbaik Yang Paling Terkenal

    Saat ini ayam aduan telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan dengan sabung ayam di Indonesia sejak dahulu. Karena saat ini sudah terdapat beragam jenis ayam aduan paling populer dan paling sering digunakan untuk para pecinta ayam aduan dan ayam petarung tersebut memiliki nama dan julukan tersendiri masing-masing.

    Nah, pada kesempatan kali ini admin tadalafil akan membagikan beberapa jenis ayam aduan yang paling sering digunakan pecinta sabung ayam untuk berlaga. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

    1. Ayam Birma

    Jenis ayam aduan terbaik dan populer saat ini ialah ayam birma. Ayam birma atau ayam pama merupakan jenis ayam kampung asli yang berasal dari Negara Myanmar. Di tempat asalnya ayam ini dikenal dengan penumpas iblis karena mempunyai teknik bertarung super ganas di arena.

    Ayam birma memiliki pukulan dan gerakan paling cepat dibandingkan ras ayam aduan lainnya. Ayam burma ini mampu mengimbangi dan mengungguli kemampuan ayam bangkok walaupun memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dari ayam bangkok.

    Belakangan ini ayam birma telah menjadi trend sabung ayam di Indonesia. Sudah banyak para pecinta ayam mencoba kemampuan ayam birma di dalam kontes maupun di arena gelanggang. Kemudian banyak juga peternak yang mencoba menciptakan bibit ayam petarung dari hasil kawin silang ayam birma dengan jenis ayam lainnya.

    2. Ayam Pakhoy

    Ayam Pakhoy adalah jenis ayam aduan yang memiliki sebutan ayam modern. Sampai saat ini asal usul ayam pakhoy masih menjadi misteri, ada yang bilang ayam ini berasal dari malaysia dan ada yang beranggapan ayam merupakan hasil persilangan berbagai ras ayam aduan.

    Kepopuleran ayam pakhoy menjadi sangat dikenal ketika banyak peternak di Thailand mulai memenangkan kontes sabung ayam dengan ras ayam yang satu ini. Selain itu ada pula orang indonesia yang sempat menjadi juara adu ayam di Thailand dengan membawa ayam pakhoy, yaitu peternakan Java-toya Rich Farm dengan ayamnya yang bernama “Dragon Killer”.

    3. Ayam Saigon

    Awalnya kebanyakan orang di Indonesia menganggap ayam saigon sebagai ayam asli yang negara kita, tapi kenyataannya tidak. Ayam saigon memang sudah ada sejak zaman dahulu, dan ternyata jenis ayam aduan yang satu ini berasal dari negara Vietnam yang pada awalnya dibawa para pedagang ketika masa kerajaan dulu.

    Kepopuleran ayam saigon sebagai ayam aduan terbaik baru melesat beberapa tahun belakangan ini. Dulunya malah ayam saigon hanya dianggap sebagai ayam kampung yang Cuma dimanfaatkan dagingnya.

    Jika dilihat dari gaya bertarungnya, ayam saigon adalah ayam yang tidak terlalu aktif. Akan tetapi jenis ayam yang satu ini mempunyai daya tahan tubuh paling bagus dan siap menerima berbagai pukulan. Tidak jarang malah membuat lawan lari karena kelelahan bertarung.

    4. Ayam Bangkok

    Ayam bangkok merupakan salah satu ras ayam aduan yang berasal dari negara Thailand. Jadi sesuai dengan namanya “Bangkok”, yakni diambil dari nama ibukota negara Thailand itu sendiri.

    Bisa di bilang kepopuleran ayam bangkok di Indonesia menempati posisi pertama sebagai ayam aduan yang paling disukai dan paling banyak dipelihara. Nah walaupun ayam bangkok adalah ayam import, tapi di negara kita sudah ada dan berkembang sejak zaman dahulu.

    Ayam bangkok terkenal dengan teknik bertarung yang bagus dan apik sehingga banyak orang tertarik pada ayam aduan jenis bangkok ini. Dari segi pertahanan dan serangan ayam ini jauh lebih tajam dibandingkan jenis ayam lain.

    5. Ayam Brazilian

    Sesuai namanya, ayam ini berasal dari negara Brazil, popularitasnya lumayan tinggi. Ayam ini sebenarnya merupakan keturunan dari ayam shamo yang asalnya dari jepang, kemudian dengan seiringnya waktu ayam ini lalu dikembangbiakkan didaerah kepulauan amerika selatan.

    Ayam ini memiliki warna bulu yang khas yaitu cokelat kekuning-kuningan. Dari segi postur ciri ayam ini hampir sama dengan ayam pelung yang mempunyai tubuh tinggi besar. Jenis ayam Brazilian terkenal dengan gaya bertarung yang lincah dan cerdas. Pecinta ayam petarung di Indonesia rela merogoh kocek mahal-mahal demi memiliki Ayam Brazil.

    Tak hanya piawai menari di atas arena tarung, namun juga jago menghempaskan lawan dengan kecepatan pukulannya yang tak terduga. Kurang lengkap rasanya jika tak memiliki ayam pejantan dari Brazil ini sebagai salah satu koleksi berharga.

    6. Ayam Shamo

    Ayam Shamo berasal dari negara Jepang, di kenal juga dengan julukan “Ninja Mini dari Jepang“. Disebut demikian karena ayam shamo dikenal dengan ayam yang bergerak cepat serta mempunyai pukulan yang luar biasa akurat mengenai lawannya dan mematikan.

    Meskipun di juluki Ninja Mini tapi jangan terkecoh, di bandingkan ayam petarung lainnya, bentuk fisik ayam Shamo paling atletis, postur tubuh tinggi tegap mampu menegakkan badan hingga 95 derajat saat berdiri.

    Tak jarang ayam ini mampu memiliki bobot 4 -7 kg, menjadikannya ayam petarung dengan postur terberat dan hanya mampu di tandingi dengan ayam yang berukuran sama. Ciri fisik: memiliki jengger belah tiga (walnutcomb), mata cerah, paruh besar dan kuat. Ujung sayap agak sedikit keluar dari tubuh, sendi sayap jelas mengarah ke atas, paha kuat berotot dan terlihat jelas.

    Bahu yang menonjol dengan sayap yang kuat pendek mengarah ke bawah. Kulit merah pada dada yang tidak memiliki banyak bulu serta memiliki dada bidang. Garis ekor horizontal, searah punggung atau di antara garis punggung. Warna bulu betis kuning atau kuning dengan bercak hitam untuk ayam dengan dominasi warna hitam. Berat ayam jantan berkisar 5,6 kg dan betina berkisar 4,8 kg.

    7. Ayam Petarung Bali

    Ayam Bali dikenal juga dengan sebutan ayam Olagan , berasal dari pulau Bali. Pejantannya dapat dipelihara guna dijadikan sebagai ayam petarung. Sedangkan ayam betina berpotensi dijadikan sebagai penghasil telur dengan produksi telur yang tinggi.

    Menurut informasi, pejantan ayam Bali ini kurang tangguh dalam aduan, seringnya jika telah terpukul oleh lawan sering sekali menghindar seperti akan kabur. Namun pukulannya tidak kalah dengan ayam aduan seperti ayam Bangkok dan ayam Birma.

    Keunggulan dari ayam Bali / Olagan adalah lebih tahan terhadap penyakit dari pada ayam kampung. Saat ini populasi ayam Bali dikabarkan terus mengalami penurunan hal ini disebabkan warga Bali tidak menggunakannya untuk dipakai dalam upacara persembahan, sehingga jarang di pelihara.

    8. Ayam Ciparage

    Ciriayam Ciparage: Ukuran tubuh lebih kecil dari ayam Bangkok bobot berkisar 2,5 kg. Jengger tunggal, bilah, berukuran kecil, bergerigi kecil-kecil berwarna merah pucat. Pial sepasang dan cuping teling berukuran kecil dengan warna merah pucat juga. Kepala berbentuk bulat. Mata sedikit menjorok ke dalam, tajam berapi-api.

    Paruh pendek, kokoh, warnanya kuning pucat. Dada bidang dengan bulu badan pendek-pendek dan keras. Tulang sayap kuat, menempel ketat pada badan. Bulu ekor pokok panjang melengkung. Kaki sedikit lengkung, berwarna putih kekuning-kuningan. Telapak kaki berwarna kuning pucat. Taji besar panjang, melengkung, tajam berwarna putih kekuning-kuningan. Sifatnya sangat agresif. Menghasilkan telur 10-14 butir per periode.

    9. Ayam Aseel

    Asil berasal dari bahasa Arab yang berarti murni atau ras dan juga dieja Aseel. Ini adalah jenis ayam petarung yang sangat tua dari daerah INDIA / PAKISTAN dan telah dibesarkan di sana sebagai ayam petarung selama berabad-abad, khususnya dikarnakan oleh sifatnya yg sangat agresif terhadap ayam lain.

    Jenis aseel telah berkembang dan di budidayakan kurang lebih selama 3.500 tahun. Aseel di akui sebagai ayam aduan tertua yang di ternakan oleh manusia, juga ditemukan di salah satu naskah tertua India yang bernama ” Dharmastrastra Manu “. Kitab klasik yang menjelaskan tentang hokum, ketertiban dan etika yang tercatat berusia 1.500 Sebelum Masehi.

    Pernyataan pertama tentang mereka yang tercatat adalah Berkembang biak dan dipopulerkan oleh penguasa India ( kaisar Mughal & beberapa Nawabs negara di India ) . Mereka juga dikenal untuk bertarung defensif dan taktis cerdas mereka untuk pertarungan jangka panjang di India dan Pakistan.

    10. Ayam Peru

    Ayam Peru adalah jenis ayam yang dikenal sangat tangguh dalam aduan. Ayam ini merupakan ayam aduan yang berasal dari Peru Amerika Latin. Ayam jenis ini merupakan jenis ayam utama yang diperlombakan tiap tahunnya di negara tersebut.

    Itulah tadi 10 jenis ayam aduan terbaik dan paling sering digunakan oleh botoh ayam tua saat kontes di arena sabung ayam aduan. Jadi bila kalian tertarik untuk ternak ayam aduan, maka list yang kami sediakan diatas bisa kalian coba gunakan.


    your comment
  • 9 Manfaat Dan Kendungan Gizi Daun Kelor Untuk Ayam Aduan

    Memiliki ayam aduan tentunya memiliki kebanggan tersendiri, tentunya untuk mendapatkan kualitas ayam aduan yang unggul harus dirawat dengan benar-benar. Untuk itu kali ini kami akan memberikan tips untuk memperkuat ayam aduan dengan cara alami, dimana saat ini telah ditemukan bahwa daun kelor ternyata sehat untuk ayam bangkok.

    Daun kelor sendiri merupakan salah satu tanaman alami yang sagnat mudah untuk ditemui di sekitar kita. Ditambah lagi saat ini daun kelor sudah bisa digunakan sebagai suplemen untuk ayam aduan karena memiliki kandungan mega 3, omega 6, vitamin A, antioksidan, kalsium, dan fosfor yang sangat berguna untuk ayam bangkok kesayangan anda. Selain itu, kandungan asam amino yang terdapat pada daun kelor bisa membuat bulu bulu ayam aduan menjadi mengkilap secara alami.

    Lalu apa 9 manfaat daun kelor untuk ayam bangkok aduan? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

    1. Turunkan Kolesterol

    Tidak heran ayam pertempuran bisa mendapatkan penyakit kolesterol. Dalam makanan yang tidak sehat dan stres pada ayam dapat memicu penyakit. Hormon adrenalin dan costinol yang tidak seimbang akan membentuk jaringan kolesterol jahat pada tubuh ayam pertempuran.

    2. Mencegah Rasa Sakit

    Kandungan pterygospermine di daun morter dapat memberikan kehangatan dalam jaringan bawah kulit melawan kulit ayam. Ini akan mengurangi rasa sakit dan kelelahan di ayam Bangkok. Untuk hasil maksimal Anda dapat menghancurkan daun kelor dan ketegangan pada tubuh ayam keluhan Anda.

    3. Anti-Inflamasi

    Kandungan fosfor dan kalsium di daun kelor sangat membantu proses penyembuhan luka setelah ayam diterapkan. Tidak hanya itu, daun kelor juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

    4. Pertahankan Massa Otot

    Protein dan berbagai jenis asam amino esensial dalam daun moor digabungkan dalam mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot. Untuk vegetarian, tentu saja manfaat dari Daun Moringa adalah salah satu pilihan yang tepat dalam memenuhi pasokan protein harian bahkan tanpa konsumsi daging.

    5. Anti Stress

    Berdasarkan hasil penelitian dalam Jurnal Penelitian Farmakologi dan Farmakodinamik, dikatakan bahwa, daun kelor adalah satu adaptogen alami. Artinya, tanaman ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

    Dalam pengobatan Ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok, manfaat dari daun gunung ini ternyata telah digunakan berabad-abad yang lalu untuk mengurangi stres sambil meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingin bebas dari stres? Coba konsumsi daun kelor setiap hari.

    6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

    Daun Moringa adalah sumber kalsium dan serat yang berkontribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat tinggi di Daun Moringa juga dapat membantu mengendalikan berat badan dengan membuat tubuh merasa lebih lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal.

    7. Manfaat Daun Moringa untuk Memelihara Mata

    Seperti yang sebelumnya dikatakan, daun kelor mengandung vitamin A yang begitu tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi dari wortel yang telah diprediksi sebagai sumber vitamin A. Karena itu, tidak heran jika konsumsi daun kelor setiap hari mampu memberikan efek besar pada mata kesehatan. Bubuk daun yang kaya akan manfaat.

    8. Memperkuat Tulang (Energi)

    Daun kelor dilengkapi dengan kandungan besi serta kalsium yang begitu tinggi. Keduanya memainkan peran penting dalam proses pembentukan energi dalam sel, sehingga sangat tepat digunakan sebagai penguat energi ketika tubuh mengalami kelelahan karena rasa sakit atau berbagai alasan lainnya.

    9. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

    Sistem kekebalan tubuh memainkan peran yang sangat penting, untuk mencegah kedatangan berbagai infeksi virus dan bakteri pembawa penyakit. Agar sistem kekebalan tubuh selalu dalam kondisi optimal, asupan gizi yang baik diperlukan. Salah satunya mengonsumsi daun kelor.

    Manfaat dari daun gunung ini adalah berkat isi vitamin A, vitamin C dan besi di dalamnya yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah, sehingga dapat secara langsung membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Itulah tadi beberapa manfaat dari ayam kelor untuk ayam aduan khususnya ayam bangkok. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi buat kamu seputar dunia sabung ayam.


    your comment
  • Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan

    Manfaat tomat untuk ayam aduan - Ayam bangkok tentunya tidak asing lagi dengan ayam satu ini, dimana ayam aduan ayam yang dikenal sebagai salah satu ayam yang memiliki kekuatan tangguh baik waktu bertempur ataupun ataupun sedang berlaga dalam lomba.

    Namun di balik ketangguhan dari ayam aduan, siapa sangka ada beberapa hal yang menjadi pendukung mengapa ayam bisa menjadi kuat. Jadi apa rahasia kekuatan dari ayam bangkok pukul mati? Ternyata rahasianya ada pada tomat yang saat ini menjadi salah satu buah yang dikenal punya khasiat hebat untuk tubuh manusia, dan juga untuk ayam bangkok.

    1.Tingkatkan Kekuatan Fisik Ayam

    Manfaat luar biasa dari memberi tomat terhadap pengaduan adalah penambah kekuatan. Sudah banyak penggemar ayam Bangkok yang menawarkan tomat secara teratur dan terbukti dapat meningkatkan ketahanan ayam. Jika pada awalnya, ayam lelah dengan cepat, kemudian memberikannya pada irisan tomat setiap hari, isi vitamin E dan B3 dapat memperpanjang napas ayam.

    2. Pertahankan Imunitas Dan Kesehatan

    Semua petani pasti mengharapkan ayam tetap mudah sakit dan memiliki daya tahan yang kuat. Nah, salah satu ancaman peternak adalah penyakit yang kemungkinan akan membunuh ternak. Dengan memberi tomat, Anda dapat menjaga kesehatan perang melawan ayam untuk menghindari penyakit.

    3. Memelihara Sistem Pencernaan

    Tomat kaya akan serat dan air yang efektif dalam sistem pencernaan yang sehat. Oleh karena itu, dengan pertumbuhan bakteri jahat dan virus dalam tubuh ayam dapat diminimalisir. Selain itu, tomat berguna untuk memelihara usus dan sistem ekskresi ayam dan mengurangi risiko cacing, defecas kapur, buang air besar darah dan beberapa penyakit lainnya.

    4. Kurangi Berat Badan Ayam

    Keluhan ayam harus memiliki tubuh yang ideal, jadi jika terlalu tipis atau terlalu gemuk, ayam tidak dapat muncul di pasir hingga maksimal. Khusus untuk obesitas yang bertarung melawan ayam, Anda dapat menanganinya memberi tomat secara teratur. Kandungan gizi tomat berfungsi untuk membakar lemak yang membuat obesitas tidak sehat membentuk badan ideal juara ayam Bangkok.

    5. Membuahi Reproduksi Ayam

    Ayam tidak ingin menikah atau ingin menikah, tetapi mereka tidak meletakkan telur adalah masalah yang biasa dialami oleh pertempuran peternak ayam. Bagi Anda yang memiliki masalah produktivitas ayam dapat mencoba memberikan tomat sehingga ayam lebih produktif. Kandungan asam folat dalam tomat yang efisien meningkatkan reproduksi perang melawan ayam.

    Cara Memberi Tomat Untuk Ayam Aduan

    Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan memberi tomat untuk berperang melawan ayam, yaitu:

    • Tomat dapat diberikan 2-3 hari.
    • Ingatlah bahwa tomat bukanlah makanan ayam dasar, tetapi hanya sebagai makanan tambahan.
    • Bagian yang disediakan harus disesuaikan dengan zaman ayam.
    • Kami merekomendasikan bahwa ayam yang diberikan tomat menjadi ayam dewasa.
    • Potong tomat menjadi kecil ketika Anda ingin memberikannya ayam.

    your comment