• 10 Jenis Ayam Petarung Terbaik Yang Paling Terkenal

    10 Jenis Ayam Petarung Terbaik Yang Paling Terkenal

    Saat ini ayam aduan telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan dengan sabung ayam di Indonesia sejak dahulu. Karena saat ini sudah terdapat beragam jenis ayam aduan paling populer dan paling sering digunakan untuk para pecinta ayam aduan dan ayam petarung tersebut memiliki nama dan julukan tersendiri masing-masing.

    Nah, pada kesempatan kali ini admin tadalafil akan membagikan beberapa jenis ayam aduan yang paling sering digunakan pecinta sabung ayam untuk berlaga. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

    1. Ayam Birma

    Jenis ayam aduan terbaik dan populer saat ini ialah ayam birma. Ayam birma atau ayam pama merupakan jenis ayam kampung asli yang berasal dari Negara Myanmar. Di tempat asalnya ayam ini dikenal dengan penumpas iblis karena mempunyai teknik bertarung super ganas di arena.

    Ayam birma memiliki pukulan dan gerakan paling cepat dibandingkan ras ayam aduan lainnya. Ayam burma ini mampu mengimbangi dan mengungguli kemampuan ayam bangkok walaupun memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dari ayam bangkok.

    Belakangan ini ayam birma telah menjadi trend sabung ayam di Indonesia. Sudah banyak para pecinta ayam mencoba kemampuan ayam birma di dalam kontes maupun di arena gelanggang. Kemudian banyak juga peternak yang mencoba menciptakan bibit ayam petarung dari hasil kawin silang ayam birma dengan jenis ayam lainnya.

    2. Ayam Pakhoy

    Ayam Pakhoy adalah jenis ayam aduan yang memiliki sebutan ayam modern. Sampai saat ini asal usul ayam pakhoy masih menjadi misteri, ada yang bilang ayam ini berasal dari malaysia dan ada yang beranggapan ayam merupakan hasil persilangan berbagai ras ayam aduan.

    Kepopuleran ayam pakhoy menjadi sangat dikenal ketika banyak peternak di Thailand mulai memenangkan kontes sabung ayam dengan ras ayam yang satu ini. Selain itu ada pula orang indonesia yang sempat menjadi juara adu ayam di Thailand dengan membawa ayam pakhoy, yaitu peternakan Java-toya Rich Farm dengan ayamnya yang bernama “Dragon Killer”.

    3. Ayam Saigon

    Awalnya kebanyakan orang di Indonesia menganggap ayam saigon sebagai ayam asli yang negara kita, tapi kenyataannya tidak. Ayam saigon memang sudah ada sejak zaman dahulu, dan ternyata jenis ayam aduan yang satu ini berasal dari negara Vietnam yang pada awalnya dibawa para pedagang ketika masa kerajaan dulu.

    Kepopuleran ayam saigon sebagai ayam aduan terbaik baru melesat beberapa tahun belakangan ini. Dulunya malah ayam saigon hanya dianggap sebagai ayam kampung yang Cuma dimanfaatkan dagingnya.

    Jika dilihat dari gaya bertarungnya, ayam saigon adalah ayam yang tidak terlalu aktif. Akan tetapi jenis ayam yang satu ini mempunyai daya tahan tubuh paling bagus dan siap menerima berbagai pukulan. Tidak jarang malah membuat lawan lari karena kelelahan bertarung.

    4. Ayam Bangkok

    Ayam bangkok merupakan salah satu ras ayam aduan yang berasal dari negara Thailand. Jadi sesuai dengan namanya “Bangkok”, yakni diambil dari nama ibukota negara Thailand itu sendiri.

    Bisa di bilang kepopuleran ayam bangkok di Indonesia menempati posisi pertama sebagai ayam aduan yang paling disukai dan paling banyak dipelihara. Nah walaupun ayam bangkok adalah ayam import, tapi di negara kita sudah ada dan berkembang sejak zaman dahulu.

    Ayam bangkok terkenal dengan teknik bertarung yang bagus dan apik sehingga banyak orang tertarik pada ayam aduan jenis bangkok ini. Dari segi pertahanan dan serangan ayam ini jauh lebih tajam dibandingkan jenis ayam lain.

    5. Ayam Brazilian

    Sesuai namanya, ayam ini berasal dari negara Brazil, popularitasnya lumayan tinggi. Ayam ini sebenarnya merupakan keturunan dari ayam shamo yang asalnya dari jepang, kemudian dengan seiringnya waktu ayam ini lalu dikembangbiakkan didaerah kepulauan amerika selatan.

    Ayam ini memiliki warna bulu yang khas yaitu cokelat kekuning-kuningan. Dari segi postur ciri ayam ini hampir sama dengan ayam pelung yang mempunyai tubuh tinggi besar. Jenis ayam Brazilian terkenal dengan gaya bertarung yang lincah dan cerdas. Pecinta ayam petarung di Indonesia rela merogoh kocek mahal-mahal demi memiliki Ayam Brazil.

    Tak hanya piawai menari di atas arena tarung, namun juga jago menghempaskan lawan dengan kecepatan pukulannya yang tak terduga. Kurang lengkap rasanya jika tak memiliki ayam pejantan dari Brazil ini sebagai salah satu koleksi berharga.

    6. Ayam Shamo

    Ayam Shamo berasal dari negara Jepang, di kenal juga dengan julukan “Ninja Mini dari Jepang“. Disebut demikian karena ayam shamo dikenal dengan ayam yang bergerak cepat serta mempunyai pukulan yang luar biasa akurat mengenai lawannya dan mematikan.

    Meskipun di juluki Ninja Mini tapi jangan terkecoh, di bandingkan ayam petarung lainnya, bentuk fisik ayam Shamo paling atletis, postur tubuh tinggi tegap mampu menegakkan badan hingga 95 derajat saat berdiri.

    Tak jarang ayam ini mampu memiliki bobot 4 -7 kg, menjadikannya ayam petarung dengan postur terberat dan hanya mampu di tandingi dengan ayam yang berukuran sama. Ciri fisik: memiliki jengger belah tiga (walnutcomb), mata cerah, paruh besar dan kuat. Ujung sayap agak sedikit keluar dari tubuh, sendi sayap jelas mengarah ke atas, paha kuat berotot dan terlihat jelas.

    Bahu yang menonjol dengan sayap yang kuat pendek mengarah ke bawah. Kulit merah pada dada yang tidak memiliki banyak bulu serta memiliki dada bidang. Garis ekor horizontal, searah punggung atau di antara garis punggung. Warna bulu betis kuning atau kuning dengan bercak hitam untuk ayam dengan dominasi warna hitam. Berat ayam jantan berkisar 5,6 kg dan betina berkisar 4,8 kg.

    7. Ayam Petarung Bali

    Ayam Bali dikenal juga dengan sebutan ayam Olagan , berasal dari pulau Bali. Pejantannya dapat dipelihara guna dijadikan sebagai ayam petarung. Sedangkan ayam betina berpotensi dijadikan sebagai penghasil telur dengan produksi telur yang tinggi.

    Menurut informasi, pejantan ayam Bali ini kurang tangguh dalam aduan, seringnya jika telah terpukul oleh lawan sering sekali menghindar seperti akan kabur. Namun pukulannya tidak kalah dengan ayam aduan seperti ayam Bangkok dan ayam Birma.

    Keunggulan dari ayam Bali / Olagan adalah lebih tahan terhadap penyakit dari pada ayam kampung. Saat ini populasi ayam Bali dikabarkan terus mengalami penurunan hal ini disebabkan warga Bali tidak menggunakannya untuk dipakai dalam upacara persembahan, sehingga jarang di pelihara.

    8. Ayam Ciparage

    Ciriayam Ciparage: Ukuran tubuh lebih kecil dari ayam Bangkok bobot berkisar 2,5 kg. Jengger tunggal, bilah, berukuran kecil, bergerigi kecil-kecil berwarna merah pucat. Pial sepasang dan cuping teling berukuran kecil dengan warna merah pucat juga. Kepala berbentuk bulat. Mata sedikit menjorok ke dalam, tajam berapi-api.

    Paruh pendek, kokoh, warnanya kuning pucat. Dada bidang dengan bulu badan pendek-pendek dan keras. Tulang sayap kuat, menempel ketat pada badan. Bulu ekor pokok panjang melengkung. Kaki sedikit lengkung, berwarna putih kekuning-kuningan. Telapak kaki berwarna kuning pucat. Taji besar panjang, melengkung, tajam berwarna putih kekuning-kuningan. Sifatnya sangat agresif. Menghasilkan telur 10-14 butir per periode.

    9. Ayam Aseel

    Asil berasal dari bahasa Arab yang berarti murni atau ras dan juga dieja Aseel. Ini adalah jenis ayam petarung yang sangat tua dari daerah INDIA / PAKISTAN dan telah dibesarkan di sana sebagai ayam petarung selama berabad-abad, khususnya dikarnakan oleh sifatnya yg sangat agresif terhadap ayam lain.

    Jenis aseel telah berkembang dan di budidayakan kurang lebih selama 3.500 tahun. Aseel di akui sebagai ayam aduan tertua yang di ternakan oleh manusia, juga ditemukan di salah satu naskah tertua India yang bernama ” Dharmastrastra Manu “. Kitab klasik yang menjelaskan tentang hokum, ketertiban dan etika yang tercatat berusia 1.500 Sebelum Masehi.

    Pernyataan pertama tentang mereka yang tercatat adalah Berkembang biak dan dipopulerkan oleh penguasa India ( kaisar Mughal & beberapa Nawabs negara di India ) . Mereka juga dikenal untuk bertarung defensif dan taktis cerdas mereka untuk pertarungan jangka panjang di India dan Pakistan.

    10. Ayam Peru

    Ayam Peru adalah jenis ayam yang dikenal sangat tangguh dalam aduan. Ayam ini merupakan ayam aduan yang berasal dari Peru Amerika Latin. Ayam jenis ini merupakan jenis ayam utama yang diperlombakan tiap tahunnya di negara tersebut.

    Itulah tadi 10 jenis ayam aduan terbaik dan paling sering digunakan oleh botoh ayam tua saat kontes di arena sabung ayam aduan. Jadi bila kalian tertarik untuk ternak ayam aduan, maka list yang kami sediakan diatas bisa kalian coba gunakan.


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: